Alamat e-mail : lpjperumnas1@gmail.com
SEKAPUR SIRIH
BISMILLAAHIRAHMANIRRAHIIM
Alhamdulillah kami panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan Rahmat, Taufiq dan Hidayah-Nya laporan pertanggungjawaban LPJ dapat kami susun dalam bentuk yang sederhana ini. Shalawat beserta salam semoga selalu Allah limpahkan pada Rasululullah Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan umatnya hingga akhir zaman.
Menapak tilas terwujudnya Lembaga Pemakaman Jenazah (LPJ) PERMATA berawal dari keprihatinan kami pengurus Persatuan Majelis Taklim (PERMATA) melihat keluarga yang kurang mampu apabila meninggal dunia mereka harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk memandikan jenasah, upah tenaga yang menggali kuburan, membayar jasa angkutan mobil yang mengantarkan jenazah (ambulans), bayar sewa tenda, membeli peralatan yang diperlukan seperti kain kafan, kamper, tikar pandan, sabun, shampo, kain, handuk dan segala macam keperluan lain yang diperlukan untuk mengurus jenazah dan terkadang barang-barang tersebut tidak mudah didapatkan kalau diperlukannya pada malam hari atau kalau yang meninggal pada hari jum’at karena di pasar Parung Panjang toko yang menjual perlengkapan kematian pada hari itu tutup. Dan untuk mendapatkan peralatan tersebut diperlukan dana yang tidak sedikit, hal ini akan terasa memberatkan bagi keluarga yang kurang mampu, kalaupun dari segi biaya tidak memberatkan untuk keluarga yang mampu namun karena suasana yang penuh suka cita terkadang membuat keluarga “agak panik” apabila petugas amil menanyakan peralatan yang diperlukan untuk keperluan jenazah.
Melihat kenyataan tersebut para pengurus PERMATA mencoba untuk mengadakan studi banding ke berbagai tempat untuk mendapatkan cara yang efektif, efisien dan praktis untuk mengatasi permasalahan tersebut dan kami mencoba menerapkan sedikit demi sedikit ilmu yang kami dapatkan untuk masyarakat Perumnas I yang beragama Islam dengan masa pendekatan dan sosialisi hampir I (satu) tahun dan kami jadikan program kerja PERMATA pada tahun kedua masa bhakti kepengurusan kami dengan cara menyiapkan semua keperluan secara swadana dari modal pengurus dan bantuan dari donator yang memberikan perhatian khusus pada program kerja kami tersebut, untuk itu kami mengucapkan banyak terimakasih pada semua pihak yang membantu terwujudnya LPJ ini.
Awal Januari 2008 LPJ mulai “launching perdana” kami mengajak warga Perumnas I menjadi anggota melalui pengajian rutin PERMATA dan Alhamdulillah kerja keras kami memperkenalkan sesuatu yang sebenarnya sudah lama adadapat diterima oleh masyarakat Perumnas I.
Ibu-Ibu yang menjadi motor penggerak kegiatan ini dan didukung oleh para suami serta segenap warga sedikit demi sedikit kata-kata LPJ mulai menjadi istilah yang tak asing bagi warga Perumnas I.
Dapat mewujudkan program kerja menjadi sesuatu yang bisa diterima oleh orang banyak bukanlah hal yang mudah karena untuk dapat meyakinkan mereka agar mau menerima semua itu dibutuhkan bukti nyata yang memang benar-benar mereka rasakan manfaatnya. Namun lebih sulit lagi bagi kami mempertahankan kepercayaan yang sudah terbentuk dalam masyarakat, menjadi pengurus yang amanah,memberikan pelayanan yang terbaik, berusaha mengevaluasi setiap kejadian demi kejadian untuk mendapatkan solusi yang terbaik, pembinaan dan koordinasi yang kontinyu, berusaha melihat kelemahan untuk perbaikan, berusaha mendegarkan usulan dari berbagai pihak, saling mengingatkan agar saling dukung, saling mengingatkan agar tidak ada pengurus yang mencoba mengambil keputusan sendiri tanpa melalui musyawarah, saling mengingatkan agar tidak ada pengurus yang melangkahi kewenangan diluar kewengannya hal ini terus kami lakukan dalam kurun waktu dua tahun lebih masa kepenguruan kami, namun dalam kenyataannya masih banyak kelemahan dan kekurangan kami dalam mengelola LPJ dalam pandangan anggota, kami mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Mohon kami dikritisi agar LPJ dimasa yang akan datang dapat menjadi organisasi yang amanah dan lebih banyak manfaatnya bagi anggota khususnya dan bagi masyarakat Perumnas I umumnya.
Ada beberapa hal yang sudah menjadi program kerja kami namun belum dapat terwujud dalam masa bhakti kami 3 tahun ini adalah ;
Ø LPJ ingin menjadi lembaga yang mempunyai kekuatan hukum atau berbadan hukum
Ø LPJ ingin menjadi sebuah yayasan dengan pengurus yang mengerti organisasi, tertib adminstrasi, memiliki ilmu managemen yang baik, menguasai komputerisasi, memiliki kinerja, loyalitas dan mobilitas yang tinggi, mampu menyusun strategi untuk mewujudkan visi dan misi organisasi
Ø LPJ ingin memiliki kendaraan sendiri untuk mengantarkan jenasah sampai ketempat pemakaman
Ø LPJ ingin memiliki tenda sendiri.
Ø LPJ ingin memiliki sekretariat yang permanen
Ø LPJ ingin mempunyai petugas logistic khusus yang siap antar-jemput keperluan alat dan bahan sampai di tempat keluarga yang meninggal
Namun kami berusaha mengatsi segala permaslahan tersebut dengan cara membina kerjasama dengan pihak lain seperti pengusaha tenda, puskesmas, amil dan koperasi PERMATA. Semoga apa yang menjadi harapan dan keinginan kami dimasa yang akan datang dapat terwujud, Amin.
Selain menapaktilas sejarah terbentuknya LPJ kami juga ingin menyampaikan laporan LPJ pada warga Perumnas I, namun laporan ini hanya kami berikan pada para ketua RT, para ketua RW, para ketua DKM, para ketua Majelis Taklim dan pengurus LPJ dan Kepala Desa Cibunar . Dengan sesuatu pertimbangan laporan ini tidak bisa kami bagikan pada semua anggota LPJ yang berjumlah .. . Keluarga (KK) walaupun kami tahu mereka berhak untuk mengetahui isi laporan ini, namun apabila ingin diperbanyak laporan ini kami percayakan pada pengurus Majelis Taklim setempat unuk menggandakannya.
Dan apabila terdapat kekurangan dan kelemahan dalam laporan ini baik dari segi tata bahasa maupun dari sistematika laporan, kami mohon dibukakan pintu maaf yang sebesarnya-besarnya serta besar harapan kami kritikan yang konstruktif datang dari semua warga yang membaca laporan ini.Pada hakekatnya kami ingin memberikan yang terbaik bagi warga Perumnas I namun hanya sampailah disinilah batas kemampuan kami, semoga apa yang telah dan akan kami lakukan menjadi amal ibadah buat kami dan juga menjadi bahan kajian bagi warga yang peduli kepada sesama umat karena sebaik-baiknya manusia adalah yang paling banyak manfaatnya buat orang lain.
Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada anggota LPJ baik yang berada diwilayah perumnas I maupun diluar Perumnas I, pada pengurus dan petugas LPJ, amil, tokoh masyarakat, tokoh agama, Kepala Desa Cibunar dan staf-stafnya yang telah memberikan bantuan moril maupun materiil pada pengajian ibu-ibu yang tergabung dalam PERMATA umumnya dan pada Lembaga Pemakaman Jenazah (LPJ) PERMATA khususnya. Kesempurnaan hanyalah milik Allah, segala kekurangan dan kelemahan datangnya dari kami.
Ihdinasysyirathalmustaqiim.
Penyusun
L P J
|
L P J P E R M A T A
LEMBAGA PENGURUSAN JENAZAH
Sekretariat : Jln Jati Raya 4B Perumnas I Bumi Parung Panjang BOGOR
HP : 081389456111, 085715858402, 085697632003
Berdiri I Januari 2008
SUSUNAN PENGURUS
Penasihat : H. Amin Mindar, S.Pd
: H. Makhbub Junaedi, S.T
: Mariman
: Asep
: Ridwan
: Yantuti, S.Pd
Pengurus
Ø Ketua : Drs. Sekhan Ash Sholih
Ø Sekretaris : Sri Mulyati
: Susanto, S.IP
Ø Bendahara : Yeyet Kurniati, S.Sos
: Ia Suria, S.E
: Ia Suria, S.E
Ø Seksi Humas : Herlinawati
: Siti Sa'bandiyah
Ø Seksi Logistik : Sani Jayanthi
Petugas :
NO
|
MAJELIS TAKLIM
|
NAMA
|
ALAMAT
|
1
|
An Nur
|
Eros Rasmanah
Jumidah
|
Jl.Jati 3 no 13
Jl.Jati 6 no 7
|
2
|
Al Muttaqien
|
Evi Rofikah
Aryumi Anna
|
Jl. Palm 3 no 10
Jl.Palm 2 no 2
|
3
|
Al Barkah
|
Amnah
Masrofah
|
Jl.Mahoni Raya
Jl.Mahoni 4 no 5
|
4
|
Al Ittihad
|
Munawaroh, S.Pd.I
Irma Nofiana, S.Pd
Maryatun
|
Jl.Mahoni Raya no 2
Jl.Mahoni 3 No 23
Jl.Mahoni Raya No 2A
|
5
|
Fajrul Iman
|
Yayat Nurhayati, S.Pd
Mujiati
Nurmala
|
Jl. Rasamala 5 no 8
Jl.Rasamala 3 no 10
Jl.Rasamala 1 no 5
|
6
|
Nurul Ikhsan
|
Siti Prihatin
Sugiarti
|
Jl. Beringin 11 no 27
Jl. Kamper I No 8
|
7
|
Nurul Jannah
|
Sustiari, S.Pd
Juju Juhaeriyah
|
JL.Beringin 4 n0 4
JL.Beringin 1 n0 2
|
8
|
Nurul Yaqien
|
Asni
|
Jl.Angsana 14 no 32
|
9
|
Cemara
|
Suharnah
|
Jl. Cemara 1 no 12
|
DAFTAR NAMA PENGURUS LPJ PERMATA
NO
|
NAMA
|
ALAMAT
|
TELEPON/HP
|
KETERANGAN
|
1
|
Drs. Sekhan Ash Sholih
|
Jl.Palm 1 No 9
|
081389456111
|
Ketua
|
2
|
Sri Mulyati
|
Jl.Palm 8 No 8
|
02193314585
|
Sekretaris
|
3
|
Susanto, S.IP
|
Jl.Jati
|
085715858402
|
Sekretaris
|
4
|
Yeyet Kurniati
|
Jl.Beringin XI No 30
|
081389653133
|
Bendahara
|
5
|
Ia Suria, S.E
|
081310933935
|
Bendahara
| |
6
|
Herlinawati
|
Humas
| ||
7
|
Siti Sa'bandiyah
|
Seksi Humas
| ||
8
|
Sani Jayanthi
|
Jl.Palm 2 no 10
|
02191952393
|
Seksi Logistik
|
9
10
|
Eros Rasmanah
Jumidah
|
Jl.Jati 3 no 13
Jl.Jati 6 no 7
|
085287501279
081808384982
|
Petugas
Annur
|
11
12
|
Evi Ropikah
Aryumi Anna
|
Jl. Palm 3 no 10
Jl.Palm 2 no 2
|
02190569102
|
Petugas
Almuttaqien
|
13
14
15
|
Munawaroh, S.Pd.I
Irma Nofiana, S.Pd
Maryatun
|
Jl.Mahoni Raya no 2
Jl.Mahoni 3 no 23
Jl.Mahoni Raya no 2A
|
081284501390
081511665838
02195747637
|
Petugas
Aliitihad
|
16
17
18
|
Yayat Nurhayati, S.Pd
Mujiati
Nurmala
|
Jl. Rasamala V no 8
Jl.Rasamala 3 no 10
Jl.Rasamala 1no 5
|
081318342168
O81280159243
02154260338
|
Petugas
Fajrul Iman
|
19
20
|
Siti Prihatin
Sugiarti
|
Jl. Beringin 11 no 27
Jl. Kamper I no 8
|
08567653469
082111593741
|
Petugas
Nurul Ikhsan
|
21
22
|
Sustiari, S.Pd
Juju Juhaeriyah
|
JL.Beringin 4 n0 4
JL.Beringin 1 n0 2
|
081280590093
085215317741
|
Petugas
Nutul Jannah
|
23
24
|
Siti Sa’bandiyah
Asni
|
Jl. Angsana 14 no 5
Jl.Angsana 14 no 32
|
02194808182
02195329597
|
Petugas
Nurul yaqien
|
25
26
|
Amnah
Masrofah
|
Jl.Mahoni Raya
Jl.Mahoni 4 no 5
|
02190569102
02196830533
|
Petugas
Albarkah
|
27
|
Suharnah
|
Jl.Cemara I no 12
|
081380533566
|
Cemara
|
L P J PERMATA
LEMBAGA PENGURUSAN JENAZAH
Sekretariat : Jln Jati Raya 4B Perumnas I Bumi Parung Panjang BOGOR
HP : 081389456111, 085715858402, 085697632003
PEMBAGIAN TUGAS
1. Ketua :
Bertanggung jawab terhadap seluruh rencana program kerja LPJ.
Bertanggung jawab dalam menanggulangi setiap permasalahan yang dihadapi LPJ.
Bekerja sama dengan pengurus dan anggota dalam menyusun AD/ART.
Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan AD/ART LPJ.
Mengkoordinir tugas-tugas pengurus LPJ.
Bekerjasama dengan dengan pihak luar untuk meningkatkan, mengembangkan dan memajukan LPJ guna meningkatkan pelayanan anggota.
Bekerja sama dengan sekretaris dan bendahara menyusun laporan pertanggung jawaban setiap akhir tahun buku dan mempertanggung jawabkannya dalam rapat anggota.
2. Sekretaris
Bersama ketua menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.
Mengerjakan tugas kesekretariatan dan Rencana Program Kerja (membuat surat undangan, mengarsipkan surat masuk dan surat keluar, dll)
Menyusun laporan akhir tahun buku bersama ketua.
Memimpin dan mencatat hasil rapat anggota dalam buku notulen.
Mengumpulkan dana ta’ziyah dan memberikannya pada keluarga duka.
Membuat agenda rapat pengurus setiap 3 bulan sekali dan rapat anggota setiap satu tahun sekali.
3. Bendahara
Membantu ketua dalam mengelola seluruh keuangan anggota LPJ.
Menerbitkan administrasi pembukuan secara transparan.
Bersama ketua dan sekretaris menyusun laporan pertanggungjawaban LPJ.
Wilayah kerja Bendahara I adalah MT Nurul Yaqien, Al-Ittihad, Al-Barkah, Fajrul Iman & Cemara,An-Nur.
Wilayah Kerja Bendahara II adalah MT Al-Muttaqien, Nurul Jannah, Nurul Ikhsan
4. Seksi Humas
Membantu ketua dalam memberikan pelayanan kepada anggota.
Memberikan informasi tentang LPJ secara benar kepada masyarakat sesuai AD/ART.
Mendampingi petugas LPJ dilapangan ketika ada yang meninggal dunia sesuai pembagian wilayah kerjanya.
Bersama ketua,sekretaris, bendahara menyusun laporan pertanggungjawaban LPJ
Humas I wilayah kerjanya meliputi : MT Al-Ittihad, Al-Barkah,Nurul Yaqien,Annur
Humas II wilayak kerjanya meliputi : MT Al-Muttaqien, Nurul Jannah, Nurul Ikhsan,Fajrul Iman
5. Seksi Logistik
Membantu ketua dalam pengurusan alat,bahan dan jasa yang diperlukan LPJ.
Bertanggung terhadap pengadaan barang-barang LPJ,mencatat semua logistic yang ada dan mengarsipkannya
Bersama ketua, sekretaris, bendahara dan seksi humas menyusun laporan pertanggungjawaban LPJ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan pesan dan kesan